Main Article Content
Abstract
Analisa tingkat Fasilitas Pedestrian di Pusat Perbelanjaan Kota Sukabumi, kawasan daerah pusat perbelanjaan kota merupakan daerah dengan tingkat permintaan tertinggi, sehingga banyak masyarakat menggunakan fasilitas pejalan kaki. Namun, banyak sekali fasilitas pejalan kaki ini berubah fungsi terutama di daerah pusat perbelanjaan kota sukabumi yang berada di Jalan Ahmad Yani. Maka rumusan masalah yang akan di bahas pada penelitian ini yaitu karakteristik pedestrian dan tingkat fasilitas pedestrian di pusat perbelanjaan kota Sukabumi. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi karakteristik pedestrian dan mengidentifikasi tingkat fasilitas pedestrian di pusat perbelanjaan kota Sukabumi. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan penelitian deskriptif. Untuk metode analisisnya menggunakan Metode Greenshield. Teknik pengambilan data untuk mendapatkan identitas pejalan kaki ini menggunakan kuisioner lalu untuk pengambilan data yang mencakup arus, kecepatan, kepadatan, dan ruang digunakan teknik manual dengan setiap 15 menit sekali dilakukan pencatatan. Hasil dari penelitian mendapatkan trotoar didominasi oleh perempuan dengan umur dewasa yang bertujuan berbelanja dipertokoan. Hasil dari model greenshield ini mendapat nilai korelasi r = -0,865 dimana harga r negatif mengartikan bahwa ketika kepadatan bertambah maka kecepatan akan menurun begitupun sebaliknya. Untuk tingkat pelayanan yang mengacu pada Peraturan Menteri nomor 03/PRT/2014. Dimana tingkat pelayanan berdasarkan arus, kecepatan, kepadatan, dan ruang mendapatkan tingkat pelayanan “E”.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal TESLINK : Teknik Sipil dan Lingkungan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Jurnal TESLINK : Teknik Sipil dan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- 1. B. O. dkk B. Oktaviastuti, “ANALISIS TINGKAT FASILITAS PEDESTRIAN DI KAWASAN PUSAT PERBELANJAAN KOTA SURABAYA,” Rekayasa J. Tek. Sipil, vol. 2, no. 2, pp. 1–8, Dec. 2017, doi: 10.53712/RJRS.V2I2.349.
- 2. N. Utomo, “Tingkat Pelayanan Jalur Pejalan Kaki Dan Peningkatan Fasilitas Transportasi Umum Dengan Perencanaan Teluk Bis,” J. Tek. SIpil KERN, vol. 1, no. 2, pp. 57–68, 2011, Accessed: Nov.12,2021.[Online]. Diakses dalam Google Scholar
- 3. Juniardi, “Analisis Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan dan Perilaku Pejalan Kaki Menyeberang di Ruas Jalan Kartini Bandar Lampung,” J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, Oct. 2010, doi: 10.36448/JTS.V1I1.252.
- 4. J. J. Tejada, J. Raymond, and B. Punzalan, “On the Misuse of Slovin’s Formula,” 1960. Diakses dalam Google Scholar
- 5. I. Prasetyaningsih, “Analisis Karakteristik dan Tingkat Pelayanan Fasilitas Pejalan Kaki di Kawasan Pasar Malam Ngarsopuro Surakarta (Analysis Of The Characteristics and Level Of Service Of Pedestrian Facility In Ngarsopuro Night Market Surakarta),” 2010, doi: 10.5/JS/ JQUERY.DATA TABLES.MIN.JS.
- 6. A. Analyses and O. Models, “The Highway Capacity Manual,” Simulation, no. October, pp. 26–27, 1987, [Online]. Available at: Website
- 7. C Jotin Kisthy and B. Kent Lal, “Dasar Dasar Rekayasa Transportasi,” 1998. . Available at: Book
- 8. S. S. W. Fred L. Mannering, “Principles of Highway Engineering and Traffic Analysis,” 1988. . Available at Book
- 9. C. Kristantyo, “Studi Evaluasi Prasarana Pejalan Kaki Pada Ruas Jalan Sekitar Kampus di Kota Malang (studi kasus : ITN Malang kampus 1, Unisma, UMM kampus 3),” Sep. 2019. Diakses dalam Google Scholar
- 10. M. Khalif, “Studi Karakteristik Pergerakan Pedestrian Pada Jalan Masjid Raya Medan,” vol. 8, no. 5, p. 55, 2019. Diakses dalam Google Scholar
- 11. M. A. C. K. Wardhani, “Studi karakteristik pejalan kaki dengan menggunakan tiga pendekatan (kasus pada fasilitas pejalan kaki Galabo Surakarta) characteristics study of pedestrian facility by using of three approaches (case of pedestrian facility in Galabo culinary area Surakar,” 2010, doi: 10.5/JS/JQUERY.DATATABLES.MIN.JS.
- 12. Y. Aryani and D. Gustian, “Sistem Informasi Penjualan Barang Dengan Metode Regresi Linear Berganda Dalam Prediksi Pendapatan Perusahaan,” J. Ris. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 39–51, 2020, doi: 10.52005/jursistekni.v2i2.47
- 13. Kementrian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, “Tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan prasarana dan sarana jaringan pejalan kaki di kawasan perkotaan,” Republik indonesia, 2014. . Available at website
- 14. G. B. K. Hendrayana, “Analisis pelayanan fasilitas pejalan kaki (Studi Kasus : Kawasan Kuta jalan Kartika Plaza Kabupaten Bandung),” J. Ilm. Elktronik Infrastruktur Tek. Sipil, vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2013. Available at: Article
- 15. F. D. Pratiwi, “Studi karakteristik pergerakan pejalan kaki di pedestrians road stasiun Tugu Yogyakarta Study of Pedestrians Characteristics Movement in Pedestrians Road at Tugu Railway Yogyakarta,” 2011, doi: 10.5/JS/JQUERY.DATATABLES.MIN.JS.