https://teslink.nusaputra.ac.id/issue/feed Jurnal TESLINK : Teknik Sipil dan Lingkungan 2022-05-31T07:32:53+00:00 admin-teslink teslink@nusaputra.ac.id Open Journal Systems <p>This journal, namely TESLINK: Jurnal Teknik Sipil dan Lingkunan, TESLINK, was founded in 2019 and is managed by the Civil Engineering Study Program of Universitas Nusa Putra. This journal is designed to disseminate original and quality academic papers approved to contribute to the development of science and technology in civil and environmental engineering to support sustainable development. This journal contains all civil and environmental engineering information, such as structures, transportation, air resources engineering, geomatics, and the environment. The journal accepts original papers from various contributors, such as academics, scientists, scientists, researchers, and students worldwide. Papers to be submitted can be written in Indonesian or English with only the abstract in English. At least two reviewers will review the submitted papers. Authors who will submit a paper should follow the journal template.</p> https://teslink.nusaputra.ac.id/article/view/105 Implementasi Building Information Modeling (BIM) Pada Proyek Perumahan 2022-05-31T07:32:12+00:00 Sentil Semnas Teknik Sipil dan Lingkungan sentil@nusaputra.ac.id Paikun IPM paikun@nusaputra.ac.id Ardin Rozandi ardin.rozandi@nusaputra.ac.id Dana Budiman dana.budiman@nusaputra.ac.id Indra Ramdani indra.ramdani_ts18@nusaputra.ac.id Kornienko Elena Vladimirovna kornienkolena.rostov@rambler.ru <p>The development of the construction industry is changing very quickly. This is evidenced by the many construction projects being built in Indonesia, such as buildings, roads, bridges, etc. However, the delay in the development process is still an obstacle that must be resolved, one of which is the delay in the design process, even according to previous research, the delay based on the shop drawing process is 22%. Therefore, how to overcome delays due to the shop drawing process. Can the process of making shop drawings be more efficient? To minimize delays caused by the shop drawing design, the author will conduct research to create designs using drawing applications. By integrating Building Information Modeling (BIM) several image applications which will then be combined with estimation data and project scheduling data. Many of these applications are found on the internet, but the integration applications that I will use include Vico Office for 3D, 4D, and 5D analysis, Sketchup for architectural design, Autodesk Revit for electrical design, Tekla Structure for structural design and SAP 2000 for structure analysis. It can be concluded from this study that time efficiency can be found in making project designs and can minimize delays caused by design and planning by 30% compared to the results of design and planning that do not use the concept of integration of Building Information Modeling (BIM)</p> 2022-05-31T07:28:21+00:00 Copyright (c) 2022 Sentil Semnas Teknik Sipil dan Lingkungan; Paikun IPM, Ardin Rozandi, Dana Budiman, Indra Ramdani, Kornienko Elena Vladimirovna https://teslink.nusaputra.ac.id/article/view/108 Analisis Faktor Keterlambatan Proyek Pembangunan Pusat Informasi Dengan Metode Regresi Linier Sederhana 2022-05-31T07:32:21+00:00 Dede Muhamad Nurdin Jaya dedemuhamad0910@gmail.com Danang Purwanto danang.puwanto@nusaputra.ac.id Tsulis Iqbal Khairul Amar tsulisiqbalka@ums.ac.id Okost Maksim Viktorovich okost-maxim@yandex.ru <p>Pembangunan Pusat Informasi dan Infrastruktur Ekowisata Tenaga Surya adalah adalah salah satu proyek pembangunan yang berada di Pulau Miosara Kecil, SAP Raja Ampat. Dalam proses pembangunan Pusat Informasi mengalami keterlambatan dalam menyelesaikan proyek pembangunannya, Keterlambatan penyelesaikan proyek pembangunan ini diakibatkan oleh waktu pelaksanaan yang tidak termaksimalkan, ataupun dikarenakan Manajemen sumber daya manusia dan uang proyek yang kurang baik sehingga menyebabkan beberapa item pekerjan lewat dari waktu yang sudah di rencanakan. Tujuan dari pada penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi pengaruh sehingga proyek kontruksi pembangunan mengalami keterlambatan.</p> <p>Metode yang akan di lakukan adalah penentuan faktor-faktor yang mempengaruhi keterlambatan proyek yang dijadikan acuan untuk melakukan wawancara terlebih dahulu supaya kuisioner yang dibagikan kepada pekerja yang berada di sekitaran pembangunan ini merupakan data yang lebih mendekati valid. Kemudian hasil dari survey kelapangan peneliti akan membagikan 30 kuisioner untuk pihak-pihak yang terlibat dalam proyek pembangunan Pusat Informasi dan Infrastruktur Ekowisata Tenaga Surya, hasil data tersebut di Uji Validitas Data, Uji Reilabilitas, dan Analisis Faktor untuk mengetahui tingkatan pengaruh dari faktor-faktor penyebab keterlambatan proyek. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa perubahan desain pekerjaan dengan nilai .591 dan pekerjaan tambah dalam jumlah besar dengan nilai .476 merupakan faktor dominan yang menyebabkan keterlambatan.</p> 2022-05-31T07:29:11+00:00 Copyright (c) 2022 Dede Muhamad Nurdin Jaya, Danang Purwanto; Tsulis Iqbal Khairul Amar; Okost Maksim Viktorovich https://teslink.nusaputra.ac.id/article/view/109 Analisa Tingkat Fasilitas Pedestrian di Pusat Perbelanjaan Kota Sukabumi 2022-05-31T07:32:34+00:00 Dicky Aldyan Aji dicky.aldyan88@gmail.com Bambang Jatmika bambang.jatmika@nusaputra.ac.id Ardin Rozandi Ardin.rozandi@nusaputra.ac.id Zalavsky Nikolay Ivanovich vasiliyivanovichnovakovich@gmail.com <p>Analisa tingkat Fasilitas Pedestrian di Pusat Perbelanjaan Kota Sukabumi, kawasan daerah pusat perbelanjaan kota merupakan daerah dengan tingkat permintaan tertinggi, sehingga banyak masyarakat menggunakan fasilitas pejalan kaki. Namun, banyak sekali fasilitas pejalan kaki ini berubah fungsi terutama di daerah pusat perbelanjaan kota sukabumi yang berada di Jalan Ahmad Yani. Maka rumusan masalah yang akan di bahas pada penelitian ini yaitu karakteristik pedestrian dan tingkat fasilitas pedestrian di pusat perbelanjaan kota Sukabumi. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi karakteristik pedestrian dan mengidentifikasi tingkat fasilitas pedestrian di pusat perbelanjaan kota Sukabumi. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan penelitian deskriptif. Untuk metode analisisnya menggunakan Metode Greenshield. Teknik pengambilan data untuk mendapatkan identitas pejalan kaki ini menggunakan kuisioner lalu untuk pengambilan data yang mencakup arus, kecepatan, kepadatan, dan ruang digunakan teknik manual dengan setiap 15 menit sekali dilakukan pencatatan. Hasil dari penelitian mendapatkan trotoar didominasi oleh perempuan dengan umur dewasa yang bertujuan berbelanja dipertokoan. Hasil dari model greenshield ini mendapat nilai korelasi r = -0,865 dimana harga r negatif mengartikan bahwa ketika kepadatan bertambah maka kecepatan akan menurun begitupun sebaliknya. Untuk tingkat pelayanan yang mengacu pada Peraturan Menteri nomor 03/PRT/2014. Dimana tingkat pelayanan berdasarkan arus, kecepatan, kepadatan, dan ruang mendapatkan tingkat pelayanan “E”.</p> 2022-05-31T07:29:46+00:00 Copyright (c) 2022 Dicky Aldyan Aji, Bambang Jatmika, Ardin Rozandi, Zalavsky Nikolay Ivanovich https://teslink.nusaputra.ac.id/article/view/110 Studi Kelayakan Rencana Ruas Jalan Parungkuda Ciambar Cibadak 2022-05-31T07:32:36+00:00 Wisnu Resdiawan wisnuresdiawan@nusaputra.ac.id Bambang Jatmika bambangjatmika@nusaputra.ac.id Muhammad Hidayat muhammad.hidayat@nusaputra.ac.id Windu Siadari windu.siadari@apps.ipb.ac.id Zalavsky Nikolay Ivanovich vasiliyivanovichnovakovich@gmail.com <p>Dalam pencapaian visi pemerintah Kabupaten Sukabumi yaitu terwujudnya Kabupaten Sukabumi yang religius, maju dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir batin, yang dituangkan dalam misi ke 3 yaitu meningkatkan konektivitas untuk percepatan pertumbuhan wilayah, pemerintah Kabupaten Sukabumi memiliki prioritas pembangunan infrastruktur pemerintah Kabupaten Sukabumi tahun 2021-2026. Salah satu prioritasnya peningkatan konektivitas dan percepatan pertumbuhan wilayah Cicurug - Parungkuda – Ciambar – Nagrak – Cibadak.</p> <p>Jaringan jalan yang tersedia antar wilayah Cicurug – Parungkuda - Ciambar</p> <p>– Nagrak – Cibadak belum memiliki konektivitas yang memadai, terutama antara wilayah Parungkuda - Ciambar - Cibadak. Sehingga perlu adanya penambahan jaringan jalan baru untuk konektivitas wilayah tersebut, hal ini juga untuk mendukung isu strategis adanya Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Sukabumi Utara yang Ibukota CDOB nya di Cibadak, kemudian kawasan strategis Ciambar sebagai Kawasan Industri Ciambar (KIC).</p> <p>Dalam hal ini pemerintah daerah perlu mengkaji bagaimana kelayakan rencana jaringan jalan baru penghubung antara wilayah Parungkuda - Ciambar – Cibadak, karena konetivitas yang tidak menerus berada pada wilayah tersebut. Penulis melakukan riset untuk menilai kelayakan rencana jaringan jalan Parungkuda - Ciambar – Cibadak, untuk membantu pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi dalam menentukan rencana pembangunan selanjutnya.</p> <p>Hasil riset untuk studi kelayakan rencana jaringan jalan tersebut di ukur dengan indikator: a). Kinerja jaringan jalan eksisting ruas arteri dari batas benda – Cibadak – Sukabumi secara rata-rata berada pada tingkat pelayanan D yang berarti kepadatan mendekati nilai kapasitas jalan nya yang menyebabkan arus tidak stabil sehingga pengemudi di batasi kecepatan nya, dan peramalan pelayanan jalan untuk 5 tahun kedepan jika tidak ada proyek berada pada tingkat pelayanan E dimana ruas tersebut berada pada kapasistas nya atau melebihi yang menyebabkan arus lalu lintas sering berhenti. Kinerja Jaringan Jalan jika ada projek maka kinerja jaringan jalan eksisting rata –rata berada pada pelayanan C yang berarti arus masih stabil dan pengemudi masih memiliki kecepatan b). Panjang trase rencana jalan Parungkuda Ciambar Cibadak terpilih sepanjang 16,00 Km c). Berdasarkan kelayakan Ekonomi dengan menghitung Benefit Cost Ratio (BCR) di peroleh bahwa nilai BCR 0,0787, Net Present Value (NPV) sebesar (119.266.460.900,64), Nilai First Year Rate of Return (FYRR) (6,14) %.</p> 2022-05-31T07:30:25+00:00 Copyright (c) 2022 Wisnu Resdiawan, Bambang Jatmika, Muhammad Hidayat, Windu Siadari, Zalavsky Nikolay Ivanovich https://teslink.nusaputra.ac.id/article/view/111 Evaluasi Dimensi Saluran Untuk Efisiensi Jaringan Terhadap Kebutuhan Air D.I.Karajinan-Kabupaten Sukabumi 2022-05-31T07:32:46+00:00 Nurdin anurdin_ts18@nusaputra.ac.id Utamy Sukmayu Saputri utamy.sukmayu@nusaputra.ac.id Radius Pranotoc radius.pranoto@polsri.ac.id Shcherbak Petr Nikolaevich spn55@maill.ru <p>Daerah Irigasi (D.I) Karajinan terletak di Desa Girijaya Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi mempunyai luas areal 251 ha, tetapi saluran primernya tidak mampu mengalirkan debit ke petak-petak sawah yang ada diujung saluran meskipun debit yang dialirkan dari pintu pengambilan sudah sesuai dengan perhitungan rencana kebutuhan air untuk areal 251 ha petak sawah dengan debit yang dialirkan sebesar 0,436 m<sup>3</sup>/detik. Hal ini disebabkan oleh kurang idealnya dimensi saluran yang ada. Oleh karena itu, bagaimana cara mengatasi agar debit yang dialirkan bisa menjangkau areal layanan di ujung saluran, apakah bisa dengan merubah dimensi saluran. Untuk menghasilkan saluran yang baik yang bisa membawa debit agar dapat mengairi areal layanan sampai ujung saluran, penulis akan melakukan penelitian untuk merubah dimensi saluran yang ada dengan dimensi saluran yang baru disepanjang saluran primer. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini agar mendapatkan dimensi saluran baru sehingga areal layanan di hilir saluran bisa terairi dengan optimal. Dimensi saluran yang direncanakan dengan menggunakan perhitungan yang tepat menghasilkan Q 0,436 m³/dt, V (kecepatan air) 0,522 m/detik, b (lebar dasar saluran) 1,50 m, h (Tinggi air) 0,48 m, m (kemiringan talud, horizontal/vertikal) 0,5 m, dan i (kemiringan dasar saluran) 0,0010</p> 2022-05-31T07:30:47+00:00 Copyright (c) 2022 Nurdin, Utamy Sukmayu Saputri, Radius Pranotoc, Shcherbak Petr Nikolaevich https://teslink.nusaputra.ac.id/article/view/112 Implementasi Sistem Manajemen K3 Saat Pandemi COVID-19 Pada Proyek Pedestrian Dago Kota Sukabumi 2022-05-31T07:32:53+00:00 Mugi Ardiansyah mugiardian@gmail.com Ardin Rozandi Ardin.rozandi@nusaputra.ac.id Muhammad Hidayat muhammad.hidayat@nusaputra.ac.id Danang Purwanto danang.purwanto@nusaputra.ac.id Kornienko Elena Vladimirovna kornienkolena.rostov@rambler.ru <p>Implementasi Sistem Manajemen K3 Saat Pandemi COVID-19 Pada Proyek Pedestrian Dago Kota Sukabumi, Jaminan kesejahteraan dan keamanan spesialis dalam tindakan pembangunan harus dilakukan dengan sungguh- sungguh melalui berbagai pendekatan untuk mengurangi sumber ancaman dengan menggunakan Alat Pelindung Diri meski terkadang para pekerja akan berasumsi bahwa hanya akan mengganggu pekerjaan. Karena Virus Corona merupakan pandemi, maka apakah pelaksanaan dan tingkat keberhasilan penerapan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja pembangunan telah memenuhi pedoman K3 dalam keadaan pandemi virus Corona. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi dan untuk pengambilan sampel di lapangan dilakukan secara <em>purposive</em>. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang disingkat SMK3 adalah bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan dalam rangka pengendalian risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum untuk Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada proyek pembangunan Dago Kota Sukabumi telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan yang pada proyek Pedestrian Dago Kota Sukabumi, antara lain kurangnya kesadaran pelaksana proyek akan pentingnya fasilitas untuk pencegahan COVID-19, lokasi proyek yang tidak ditutup sepenuhnya, kurangnya anggaran K3, dan faktor lainnya.</p> 2022-05-31T07:31:08+00:00 Copyright (c) 2022 Mugi Ardiansyah , Ardin Rozandi , Muhammad Hidayat; Danang Purwanto; Kornienko Elena Vladimirovna