Main Article Content

Abstract

Kerusakan jalan di sebagian ruas jalan mempengaruhi arus lalu lintas di jalan. Nilai dan tingkatan kerusakan jalan menjadi acuan untuk memperbaiki kualitas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kerusakan perkerasan jalan dan bentuk penanganannya. Metode (Pavement Condition Index) adalah sistem penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan luas kerusakan yang terjadi, dan dapat digunakan sebagai acuan dalam usaha pemeliharaan. Sepanjang 8,1 km jalan Kadudampit yang menjadi sampling lokasi penelitian, ruas jalan dibagi menjadi 27 segmen, setiap segmen mempunyai panjang 300 m, dimulai dari STA awal 0+000 - 0+300 sampai STA terakhir 7+800 - 8+100. Hasil penelitian diketahui bahwa jenis kerusakan yang dapat ditemukan pada ruas jalan Kadudampit antara lain: tambalan, lubang, retak memanjang/melintang, pengausan agregat, cekungan, retak pinggir, retak buaya, keriting, dan pelepasan butir. Metode penanganan kerusakan ruas jalan Kadudampit yang dapat dilakukan berdasarkan Metode PCI yaitu Pemeliharaan pada segmen 1, 7, 15 dan 24. Pemeliharaan Berkala (Periode) pada segmen 4, 5, 6, 10, 13, 14, 16, 17, 18, 20, 21, 25, 26 dan 27. Peningkatan (rekonstruksi) pada segmen 2, 3, 8, 9, 11, 12, 19, 22 dan 23. 

Keywords

Perkerasn jalan Kerusakan jalan Pemeliharaan jalan Metode PCI Jalan Kadudampit

Article Details

How to Cite
Romadhon, M. F., Susanto, D. A., Anugrahamdani , S., & Sunhadji, R. R. (2021). Analisis kondisi kerusakan jalan pada ruas jalan Kadudampit dengan metode Pavement Condition Index (PCI). Jurnal TESLINK : Teknik Sipil Dan Lingkungan, 3(2), 84-94. https://doi.org/10.52005/teslink.v3i2.77

References

  1. UU No. 38, “UU No. 38 tahun 2004 tentang Jalan,” Peratur. Tentang jalan, p. 3, 2004. Avaliable at Google Scholar
  2. B. Jatmika, M. Pallah, N. Akmaliyah, A. Sardi, R. F. K. Barkah, and I. A. Darmawan, “The evaluation on the saturation degree on pelabuhan II Street of Sukabumi City,” Proc. - 2018 4th Int. Conf. Comput. Eng. Des. ICCED 2018, pp. 208–211, 2019. doi: 10.1109/ICCED.2018.00048
  3. A. Nur, “Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pci ( Pavement Condition Index ) Dan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pada Ruas Jalan Sanga Sanga - Dondang kontruksi , bersifat apakah pemeliharaan , penunjang , atau rehabilitas .,” 1945. Avaliable at Google Scholar
  4. Paikun, Reffy W Andriani SP, F. Destaman, and D. Winardi, “Road Geometric Feasibility In Road Sagaranten – Tegalbuleud Km.BDG 175 + 100,” vol. 10, no. 1, pp. 117–134, 2021. doi: 10.32832/astonjadro.v10i1.4213
  5. Y. Ramli, M. Isya, and S. M. Saleh, “Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) (Studi Kasus Ruas Jalan Beureunuen – Batas Keumala),” J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 3, pp. 761–768, 2018. doi: 10.24815/jts.v1i3.10037
  6. J. H. Heijnen, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan,” no. april, pp. 1–9, 2006. Avaliable at Google Scholar
  7. P. Paikun, R. W. A. SP, F. Destaman, and D. Winardi, “Road Geometric Feasibility In Road Sagaranten–Tegalbuleud Km. BDG 175+ 100,” Astonjadro J. Rekayasa Sipil, vol. 10, no. 1, pp. 117–134, 2021. doi: 10.32832/astonjadro.v10i1.4213
  8. A. Mirdianti and Paikun, “Pengaruh virus corona (covid-19) terhadap ruas kinerja jalan disekitar pabrik GSI sukalarang”, J-TESLINK, vol. 3, no. 1, pp. 11-22, Mar. 2021. doi: 10.52005/teslink.v2i1.18
  9. T. Yuono and K. K. Dwi Sungkono, “Evaluasi Kondisi Jaringan Dan Perkerasan Jalan Di Lingkungan Kelurahan Gilingan Surakarta,” J. Tek. Sipil dan Arsit., vol. 24, no. 1, 2019. doi: 10.36728/jtsa.v24i1.824
  10. Paikun, E. Suminar, A. Irawan, and S. Bahri, “Determining Road Handling According To The Level Of Damage Using Surface Distress Index (Sdi) Method (Case study on Jl. Merdeka 1 Sukabumi City),” vol. 10, no. 1, pp. 135–149, 2021. doi: 10.32832/astonjadro.v10i1.4265
  11. M. Y. Shahin, Pavement management for airports, roads, and parking lots. 1994. Avaliable at Google Scholar
  12. F. R. Yamali, E. Handayani, and E. E. Sirait, “Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode Pci (Pavement Condition Index),” J. Talent. Sipil, vol. 3, no. 1, pp. 47–50, 2020. doi: 10.33087/talentasipil.v3i1.27
  13. Dirjen Bina Marga, “Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, Dirjen Bina Marga 1997,” no. 038, p. 54, 1997. Avaliable at Google Scholar
  14. V. A. Putri, I. W. Diana, and S. Putra, “Identifikasi Jenis Kerusakan Pada Perkerasan Lentur (Studi Kasus Jalan Soekarno-Hatta Bandar Lampung),” J. Rekayasa Sipil dan Desain, vol. 4, no. 2, pp. 197–204, 2016. Avaliable at Google Scholar
  15. U. Y. Hamdani, “Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI)(Studi Kasus: Jalan Raya Parang, Magetan, Jawa Timur).” University of Muhammadiyah Malang, 2019. Avaliable at Google Scholar
  16. M. D. Bakri, “Evaluasi Kondisi dan Kerusakan Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI)(Studi Kasus: Jalan Gunung Selatan Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara),” Borneo Eng. J. Tek. Sipil, vol. 3, no. 2, pp. 81–96, 2019. doi: 10.35334/be.v3i2.1170
  17. R. Agusmaniza and F. D. Fadilla, “Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Ujung Beurasok STA 0+^ 000 S/D STA 0+^ 700),” VOCATECH Vocat. Educ. Technol. J., vol. 1, no. 1, pp. 34–42, 2019. doi: 10.38038/vocatech.v1i0.7
  18. N. S. Rohma, “Evaluasi Perkerasan Jalan Pemeliharaan dan Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Tegalgondo-Janti, Kabupaten Klaten KM 4+ 000-6+ 000,” 2020. Avaliable at Google Scholar
  19. M. K. Rifai, “Identifikasi kerawanan tanah amblas (depression) menggunakan metode electrical resistivity tomography sebagai langkah preventif kerusakan infrastruktur jalan raya (studi kasus ruas jalan Dengok, Desa Wates, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, KM. SBY. 226).” Universitas Negeri Malang, 2020. Avaliable at Google Scholar
  20. I. Wirnanda, R. Anggraini, and M. Isya, “Analisis Tingkat Kerusakan Jalan dan Pengarunya Terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi kasus: Jalan Blang Bintang Lama dan Jalan Teungku Hasan Dibakoi),” J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 3, pp. 617–626, 2018. doi: 10.24815/jts.v1i3.10000
  21. F. Juwita and D. Ariadi, “Analisis Jenis Kerusakan Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Study Kasus Jalan Ratu Dibalau Bandar Lampung),” TAPAK (Teknologi Apl. Konstr. J. Progr. Stud. Tek. Sipil, vol. 8, no. 1, pp. 66–78, 2019. Avaliable at Google Scholar
  22. D. Kurniawan, “Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI)(Studi Kasus: Pada Ruas Jalan Wadungasri-Waru, Kab. Sidoarjo).” Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2019. Avaliable at Google Scholar
  23. W. Muliawan, “Dampak Genangan Air Hujan terhadap Kondisi Jalan Antasura di Kecamatan Denpasar Timur,” Padur. J. Tek. Sipil Univ. Warmadewa, vol. 8, no. 1, pp. 44–50, 2019. Avaliable at Google Scholar
  24. T. Triyanto, S. Syaiful, and R. Rulhendri, “Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Ruas Jalan Tegar Beriman Kabupaten Bogor,” Astonjadro J. Rekayasa Sipil, vol. 8, no. 2, pp. 70–79, 2020. doi: 10.32832/astonjadro.v8i2.2628
  25. O. E. Wijaya and F. Juwita, “Perbandingan Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index dan Metode Bina Marga)(Studi Kasus Ruas Jalan Laksamana RE Martadinata–Bandar Lampung),” Tek. SAINS J. Ilmu Tek., vol. 5, no. 2, pp. 19–25, 2020. doi: 10.24967/teksis.v5i2.1083
  26. T. Sita, “Penggunaan Material Cold Mix Asphalt untuk Penanganan Penambalan Lubang,” J. Airpt. Eng. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 24–29, 2020. doi: 10.52989/jaet.v1i1.4
  27. C. T. G. Pratama, “Evaluasi Perkerasan Jalan Dan Alternatif Penanganannya Dengan Menggunakan Metode Bina Marga Dan Metode Pci (Pavement Condition Index)(Studi Kasus: Ruas jalan Prabu Gajah Agung, Kabupaten Sumedang).” Universitas Komputer Indonesia, 2019. Avaliable at Google Scholar
  28. A. F. Abdillah, N. Pradani, and J. F. Batti, “Pengaruh Penggunaan Bahan Tambah Viatop66 pada Campuran Stone Matrix Asphalt Terhadap Titik Lembek Aspal dan Sifat Drain Down Campuran,” J. HPJI (Himpunan Pengemb. Jalan Indones., vol. 4, no. 1, pp. 49–58, 2018. Avaliable at Google Scholar
  29. Y. A. Sinatryo, “Evaluasi Kondisi Perkerasan Lentur Yang Melintasi Perlintasan Sebidang Jalur Kereta Api Menggunakan Metode Pci Dan Bina Marga (Evaluation of Flexible Pavement Condition Located Accross Railway Using Pci and Bina Marga Method),” 2017. Avaliable at Google Scholar
  30. I. D. Pamungkas, “Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI)(Studi Kasus: Jl. Ahmad Yani, Ambulu STA 0+ 000–4+ 000).” Universitas Muhammadiyah Jember, 2019. Avaliable at Google Scholar
  31. S. Jehadus, “Analisis Faktor Penyebab Kerusakan Jalan Raya Lintas Labuan Bajo–Lembor Flores Nusa Tenggara Timur.” UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945, 2019. Avaliable at Google Scholar
  32. T. Maryadini, “Evaluasi tingkat kerusakan jalan taman galaxy raya bekasi dengan metode pavement condition index,” SKRIPSI-2017, 2017. Avaliable at Google Scholar