Main Article Content
Abstract
Kerusakan jalan di sebagian ruas jalan mempengaruhi arus lalu lintas di jalan. Nilai dan tingkatan kerusakan jalan menjadi acuan untuk memperbaiki kualitas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kerusakan perkerasan jalan dan bentuk penanganannya. Metode (Pavement Condition Index) adalah sistem penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan luas kerusakan yang terjadi, dan dapat digunakan sebagai acuan dalam usaha pemeliharaan. Sepanjang 8,1 km jalan Kadudampit yang menjadi sampling lokasi penelitian, ruas jalan dibagi menjadi 27 segmen, setiap segmen mempunyai panjang 300 m, dimulai dari STA awal 0+000 - 0+300 sampai STA terakhir 7+800 - 8+100. Hasil penelitian diketahui bahwa jenis kerusakan yang dapat ditemukan pada ruas jalan Kadudampit antara lain: tambalan, lubang, retak memanjang/melintang, pengausan agregat, cekungan, retak pinggir, retak buaya, keriting, dan pelepasan butir. Metode penanganan kerusakan ruas jalan Kadudampit yang dapat dilakukan berdasarkan Metode PCI yaitu Pemeliharaan pada segmen 1, 7, 15 dan 24. Pemeliharaan Berkala (Periode) pada segmen 4, 5, 6, 10, 13, 14, 16, 17, 18, 20, 21, 25, 26 dan 27. Peningkatan (rekonstruksi) pada segmen 2, 3, 8, 9, 11, 12, 19, 22 dan 23.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal TESLINK : Teknik Sipil dan Lingkungan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Jurnal TESLINK : Teknik Sipil dan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- UU No. 38, “UU No. 38 tahun 2004 tentang Jalan,” Peratur. Tentang jalan, p. 3, 2004. Avaliable at Google Scholar
- B. Jatmika, M. Pallah, N. Akmaliyah, A. Sardi, R. F. K. Barkah, and I. A. Darmawan, “The evaluation on the saturation degree on pelabuhan II Street of Sukabumi City,” Proc. - 2018 4th Int. Conf. Comput. Eng. Des. ICCED 2018, pp. 208–211, 2019. doi: 10.1109/ICCED.2018.00048
- A. Nur, “Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pci ( Pavement Condition Index ) Dan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pada Ruas Jalan Sanga Sanga - Dondang kontruksi , bersifat apakah pemeliharaan , penunjang , atau rehabilitas .,” 1945. Avaliable at Google Scholar
- Paikun, Reffy W Andriani SP, F. Destaman, and D. Winardi, “Road Geometric Feasibility In Road Sagaranten – Tegalbuleud Km.BDG 175 + 100,” vol. 10, no. 1, pp. 117–134, 2021. doi: 10.32832/astonjadro.v10i1.4213
- Y. Ramli, M. Isya, and S. M. Saleh, “Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) (Studi Kasus Ruas Jalan Beureunuen – Batas Keumala),” J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 3, pp. 761–768, 2018. doi: 10.24815/jts.v1i3.10037
- J. H. Heijnen, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan,” no. april, pp. 1–9, 2006. Avaliable at Google Scholar
- P. Paikun, R. W. A. SP, F. Destaman, and D. Winardi, “Road Geometric Feasibility In Road Sagaranten–Tegalbuleud Km. BDG 175+ 100,” Astonjadro J. Rekayasa Sipil, vol. 10, no. 1, pp. 117–134, 2021. doi: 10.32832/astonjadro.v10i1.4213
- A. Mirdianti and Paikun, “Pengaruh virus corona (covid-19) terhadap ruas kinerja jalan disekitar pabrik GSI sukalarang”, J-TESLINK, vol. 3, no. 1, pp. 11-22, Mar. 2021. doi: 10.52005/teslink.v2i1.18
- T. Yuono and K. K. Dwi Sungkono, “Evaluasi Kondisi Jaringan Dan Perkerasan Jalan Di Lingkungan Kelurahan Gilingan Surakarta,” J. Tek. Sipil dan Arsit., vol. 24, no. 1, 2019. doi: 10.36728/jtsa.v24i1.824
- Paikun, E. Suminar, A. Irawan, and S. Bahri, “Determining Road Handling According To The Level Of Damage Using Surface Distress Index (Sdi) Method (Case study on Jl. Merdeka 1 Sukabumi City),” vol. 10, no. 1, pp. 135–149, 2021. doi: 10.32832/astonjadro.v10i1.4265
- M. Y. Shahin, Pavement management for airports, roads, and parking lots. 1994. Avaliable at Google Scholar
- F. R. Yamali, E. Handayani, and E. E. Sirait, “Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode Pci (Pavement Condition Index),” J. Talent. Sipil, vol. 3, no. 1, pp. 47–50, 2020. doi: 10.33087/talentasipil.v3i1.27
- Dirjen Bina Marga, “Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, Dirjen Bina Marga 1997,” no. 038, p. 54, 1997. Avaliable at Google Scholar
- V. A. Putri, I. W. Diana, and S. Putra, “Identifikasi Jenis Kerusakan Pada Perkerasan Lentur (Studi Kasus Jalan Soekarno-Hatta Bandar Lampung),” J. Rekayasa Sipil dan Desain, vol. 4, no. 2, pp. 197–204, 2016. Avaliable at Google Scholar
- U. Y. Hamdani, “Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI)(Studi Kasus: Jalan Raya Parang, Magetan, Jawa Timur).” University of Muhammadiyah Malang, 2019. Avaliable at Google Scholar
- M. D. Bakri, “Evaluasi Kondisi dan Kerusakan Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI)(Studi Kasus: Jalan Gunung Selatan Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara),” Borneo Eng. J. Tek. Sipil, vol. 3, no. 2, pp. 81–96, 2019. doi: 10.35334/be.v3i2.1170
- R. Agusmaniza and F. D. Fadilla, “Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Ujung Beurasok STA 0+^ 000 S/D STA 0+^ 700),” VOCATECH Vocat. Educ. Technol. J., vol. 1, no. 1, pp. 34–42, 2019. doi: 10.38038/vocatech.v1i0.7
- N. S. Rohma, “Evaluasi Perkerasan Jalan Pemeliharaan dan Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Tegalgondo-Janti, Kabupaten Klaten KM 4+ 000-6+ 000,” 2020. Avaliable at Google Scholar
- M. K. Rifai, “Identifikasi kerawanan tanah amblas (depression) menggunakan metode electrical resistivity tomography sebagai langkah preventif kerusakan infrastruktur jalan raya (studi kasus ruas jalan Dengok, Desa Wates, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, KM. SBY. 226).” Universitas Negeri Malang, 2020. Avaliable at Google Scholar
- I. Wirnanda, R. Anggraini, and M. Isya, “Analisis Tingkat Kerusakan Jalan dan Pengarunya Terhadap Kecepatan Kendaraan (Studi kasus: Jalan Blang Bintang Lama dan Jalan Teungku Hasan Dibakoi),” J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 3, pp. 617–626, 2018. doi: 10.24815/jts.v1i3.10000
- F. Juwita and D. Ariadi, “Analisis Jenis Kerusakan Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Study Kasus Jalan Ratu Dibalau Bandar Lampung),” TAPAK (Teknologi Apl. Konstr. J. Progr. Stud. Tek. Sipil, vol. 8, no. 1, pp. 66–78, 2019. Avaliable at Google Scholar
- D. Kurniawan, “Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI)(Studi Kasus: Pada Ruas Jalan Wadungasri-Waru, Kab. Sidoarjo).” Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2019. Avaliable at Google Scholar
- W. Muliawan, “Dampak Genangan Air Hujan terhadap Kondisi Jalan Antasura di Kecamatan Denpasar Timur,” Padur. J. Tek. Sipil Univ. Warmadewa, vol. 8, no. 1, pp. 44–50, 2019. Avaliable at Google Scholar
- T. Triyanto, S. Syaiful, and R. Rulhendri, “Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Ruas Jalan Tegar Beriman Kabupaten Bogor,” Astonjadro J. Rekayasa Sipil, vol. 8, no. 2, pp. 70–79, 2020. doi: 10.32832/astonjadro.v8i2.2628
- O. E. Wijaya and F. Juwita, “Perbandingan Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index dan Metode Bina Marga)(Studi Kasus Ruas Jalan Laksamana RE Martadinata–Bandar Lampung),” Tek. SAINS J. Ilmu Tek., vol. 5, no. 2, pp. 19–25, 2020. doi: 10.24967/teksis.v5i2.1083
- T. Sita, “Penggunaan Material Cold Mix Asphalt untuk Penanganan Penambalan Lubang,” J. Airpt. Eng. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 24–29, 2020. doi: 10.52989/jaet.v1i1.4
- C. T. G. Pratama, “Evaluasi Perkerasan Jalan Dan Alternatif Penanganannya Dengan Menggunakan Metode Bina Marga Dan Metode Pci (Pavement Condition Index)(Studi Kasus: Ruas jalan Prabu Gajah Agung, Kabupaten Sumedang).” Universitas Komputer Indonesia, 2019. Avaliable at Google Scholar
- A. F. Abdillah, N. Pradani, and J. F. Batti, “Pengaruh Penggunaan Bahan Tambah Viatop66 pada Campuran Stone Matrix Asphalt Terhadap Titik Lembek Aspal dan Sifat Drain Down Campuran,” J. HPJI (Himpunan Pengemb. Jalan Indones., vol. 4, no. 1, pp. 49–58, 2018. Avaliable at Google Scholar
- Y. A. Sinatryo, “Evaluasi Kondisi Perkerasan Lentur Yang Melintasi Perlintasan Sebidang Jalur Kereta Api Menggunakan Metode Pci Dan Bina Marga (Evaluation of Flexible Pavement Condition Located Accross Railway Using Pci and Bina Marga Method),” 2017. Avaliable at Google Scholar
- I. D. Pamungkas, “Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI)(Studi Kasus: Jl. Ahmad Yani, Ambulu STA 0+ 000–4+ 000).” Universitas Muhammadiyah Jember, 2019. Avaliable at Google Scholar
- S. Jehadus, “Analisis Faktor Penyebab Kerusakan Jalan Raya Lintas Labuan Bajo–Lembor Flores Nusa Tenggara Timur.” UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945, 2019. Avaliable at Google Scholar
- T. Maryadini, “Evaluasi tingkat kerusakan jalan taman galaxy raya bekasi dengan metode pavement condition index,” SKRIPSI-2017, 2017. Avaliable at Google Scholar