Main Article Content

Abstract

Jalan arteri primer Kabupaten Sukabumi merupakan jalan yang cukup sibuk karena terdapat beberapa pasar tradisional dan juga pabrik-pabrik yang lokasinya tepat dipinggiran jalan nasional, jumlah kendaraan bermotor yang terus meningkat juga menjadi faktor yang mempengaruhi angka kecelakaan lalu lintas yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk menegetahui dimana Titik rawan kecelakaan (Black Spot) di Jalan Arteri Primer Kabupaten Sukabumi, mengetahui permasalahan klasifikasi jalan dan fasilitas jalan yang dapat menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas di lokasi blackspot, dan memberikan solusi guna memperbaiki masalah yang ditemunkan pada lokasi black spot. Penelitian ini menggunakan metode EAN dan BKA untuk mengidentifikasi Blacksite berdasarkan jumlah korban, dan metode Z- Score untuk mengidentifikasi Blacksite berdasarkan jumlah kecelakaan. Setelah Blacksite teridentifikasi kemudian dilakukan identifikasi Blackspot dengan menggunakan metode Cusum. Hasil identifikasi Titik Rawan Kecelakaan dengan metode Cusum mengidentifikasi STA 2 pada Segmen 5 dengan nilai Cusum 8,33, kemudian STA 1 pada segmen 10 dengan nilai Cusum 9,17, dan terakhir STA 5 pada segmen 12 dengan nilai Cusum 6,66. Hasil temuan masalah pada lokasi Blackspot yaitu minimnya rambu-rambu keselamatann jalan, dan juga kurang terawatnya marka-marka jalan yang ada. Diharapkan pemerintah maupun lembaga terkait meperbaiki permasalahan-permasalahan yang ada guna meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Keywords

Jalan Arteri Kecelakaan Lalu Lintas Black Spot Cusum

Article Details

How to Cite
Muhammad Hidayat, Linda Wijayanti, Lukas, Sandra Octaviani, & Faris, W. (2023). Analisis Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Pada Jalan Arteri Primer Kabupaten Sukabumi. Jurnal TESLINK : Teknik Sipil Dan Lingkungan, 5(2), 203-214. https://doi.org/10.52005/teslink.v5i2.304

References

  1. [1] Amiruddin Akbar Fisu . 2019. Tinjauan Kecelakaan Lalu Lintas antar Wilayah pada Jalan Trans Pprovinsi Sulawesi Selatan. PENA TEKNIK, 4 (1), pp. 53- 56.
  2. [2] Badan Pusat Statistik Indonesia, 2019. Statistik Transportasi Darat 2019.
  3. [3] Aghajani, M.A., Dezfoulian, R.S., Arjroody, A.R., dan Rezaei, M. 2017. Applying GIS to Identify the Spatial and Temporal Patterns of Road Accidents Using Spatial Statistics: Case Study Ilam Province, Iran. Transportation Research Procedia, 25, pp.2126– 2138.
  4. [4] Badan Pusat Statistik Kabupaten Sukabumi, 2015. Kabupaten Sukabumi Dalam Angka 2015.
  5. [5] Perda Kabupaten Sukabumi, 2012. Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sukabumi Tahun 2012 – 2023.
  6. [6] Anonim, 2004. Undang-Undang Republik Indonesia No.38 tahun 2004, Tentang Jalan. Jakarta: Pemerintah Repubik Indonesia.
  7. [7] Anonim, 2006. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.34 tahun 2006, Tentang Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
  8. [8] Anonim, 2009. Undang-Undang Republik Indonesia No.22 tahun 2009, Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
  9. [9] Bhaswata. N, 2009. Gambaran Tingkat Pengetahuan Keselamatan Transportasi Bus Kuning UI Pada Mahasiswa Sarjana Reguler Angkatan Tahun 2005 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Fakultas kesehatan masyarakat. Universitas Indonesia, Jakarta.
  10. [10] Anonim, 1993. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.43 tahun 1993, Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
  11. [11] Austroads, 2002. Road Safety Audit, 2nd., Austroads. Sydney.
  12. [12] Diklat Jalan Berkeselamatan, PU, 2016. Pengenalan Rekayasa Keselamatan Jalan. Jakarta, Indonesia.
  13. [13] Bakar, I.H. 1995. Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Yang Tertib. Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Jakarta, Indonesia.
  14. [14] Abadi Dwi Saputra, 2017. Studi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Indonesia Berdasarkan Data KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) dari Tahun 2007-2016. Warta Penelitian Perhubungan, Sekretariat Badan Penelitian Dan Pengembangan Perhubungan, 29 (2), pp.179-190.
  15. [15] Wedasana Surya Agung, 2011. Analisis Daerah Rawam Kecelakaan dan Penyusunan Database Berbasis Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus Kota Denpasar). Tesis, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Denpasar,
  16. [16] Direktorat Keselamatan Transportasi Darat (DKTD), (2007). Pedoman Operasi Accident Black Spot Investigation Unit/Unit Penelitian Kecelakaan Lalu.