Main Article Content
Abstract
Jalan arteri primer Kabupaten Sukabumi merupakan jalan yang cukup sibuk karena terdapat beberapa pasar tradisional dan juga pabrik-pabrik yang lokasinya tepat dipinggiran jalan nasional, jumlah kendaraan bermotor yang terus meningkat juga menjadi faktor yang mempengaruhi angka kecelakaan lalu lintas yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk menegetahui dimana Titik rawan kecelakaan (Black Spot) di Jalan Arteri Primer Kabupaten Sukabumi, mengetahui permasalahan klasifikasi jalan dan fasilitas jalan yang dapat menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas di lokasi blackspot, dan memberikan solusi guna memperbaiki masalah yang ditemunkan pada lokasi black spot. Penelitian ini menggunakan metode EAN dan BKA untuk mengidentifikasi Blacksite berdasarkan jumlah korban, dan metode Z- Score untuk mengidentifikasi Blacksite berdasarkan jumlah kecelakaan. Setelah Blacksite teridentifikasi kemudian dilakukan identifikasi Blackspot dengan menggunakan metode Cusum. Hasil identifikasi Titik Rawan Kecelakaan dengan metode Cusum mengidentifikasi STA 2 pada Segmen 5 dengan nilai Cusum 8,33, kemudian STA 1 pada segmen 10 dengan nilai Cusum 9,17, dan terakhir STA 5 pada segmen 12 dengan nilai Cusum 6,66. Hasil temuan masalah pada lokasi Blackspot yaitu minimnya rambu-rambu keselamatann jalan, dan juga kurang terawatnya marka-marka jalan yang ada. Diharapkan pemerintah maupun lembaga terkait meperbaiki permasalahan-permasalahan yang ada guna meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal TESLINK : Teknik Sipil dan Lingkungan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Jurnal TESLINK : Teknik Sipil dan Lingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- [1] Amiruddin Akbar Fisu . 2019. Tinjauan Kecelakaan Lalu Lintas antar Wilayah pada Jalan Trans Pprovinsi Sulawesi Selatan. PENA TEKNIK, 4 (1), pp. 53- 56.
- [2] Badan Pusat Statistik Indonesia, 2019. Statistik Transportasi Darat 2019.
- [3] Aghajani, M.A., Dezfoulian, R.S., Arjroody, A.R., dan Rezaei, M. 2017. Applying GIS to Identify the Spatial and Temporal Patterns of Road Accidents Using Spatial Statistics: Case Study Ilam Province, Iran. Transportation Research Procedia, 25, pp.2126– 2138.
- [4] Badan Pusat Statistik Kabupaten Sukabumi, 2015. Kabupaten Sukabumi Dalam Angka 2015.
- [5] Perda Kabupaten Sukabumi, 2012. Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Sukabumi Tahun 2012 – 2023.
- [6] Anonim, 2004. Undang-Undang Republik Indonesia No.38 tahun 2004, Tentang Jalan. Jakarta: Pemerintah Repubik Indonesia.
- [7] Anonim, 2006. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.34 tahun 2006, Tentang Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
- [8] Anonim, 2009. Undang-Undang Republik Indonesia No.22 tahun 2009, Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
- [9] Bhaswata. N, 2009. Gambaran Tingkat Pengetahuan Keselamatan Transportasi Bus Kuning UI Pada Mahasiswa Sarjana Reguler Angkatan Tahun 2005 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Fakultas kesehatan masyarakat. Universitas Indonesia, Jakarta.
- [10] Anonim, 1993. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.43 tahun 1993, Tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
- [11] Austroads, 2002. Road Safety Audit, 2nd., Austroads. Sydney.
- [12] Diklat Jalan Berkeselamatan, PU, 2016. Pengenalan Rekayasa Keselamatan Jalan. Jakarta, Indonesia.
- [13] Bakar, I.H. 1995. Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Yang Tertib. Direktorat Jendral Perhubungan Darat. Jakarta, Indonesia.
- [14] Abadi Dwi Saputra, 2017. Studi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Indonesia Berdasarkan Data KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) dari Tahun 2007-2016. Warta Penelitian Perhubungan, Sekretariat Badan Penelitian Dan Pengembangan Perhubungan, 29 (2), pp.179-190.
- [15] Wedasana Surya Agung, 2011. Analisis Daerah Rawam Kecelakaan dan Penyusunan Database Berbasis Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus Kota Denpasar). Tesis, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Denpasar,
- [16] Direktorat Keselamatan Transportasi Darat (DKTD), (2007). Pedoman Operasi Accident Black Spot Investigation Unit/Unit Penelitian Kecelakaan Lalu.