Main Article Content

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan analisis perbandingan harga antara Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP) terhadap SNI. Diadakan nya penelitian ini agar bermanfaat bagi pelaku jasa konstruksi maupun mahasiswa dalam merencanakan biaya dengan nilai ekonomis. Dengan perkembangan pembangunan infrastruktur di daerah Sumatera Utara yang cukup tinggi, Medan menjadi salah satu kota yang berpotensi akan pembangunannya. sehingga menyebabkan banyak nya para pengusaha developer memanfaatkan peluang ini. Penelitian ini juga bermanfaat untuk menemukan analisa perbandingan antara harga Rencana Anggaran Biaya, SNI dengan harga Rencana Anggaran Pelaksanaan (biaya nyata), yang nanti nya akan bermanfaat bagi pelaku jasa konstruksi sebagai bahan pertimbang untuk hasil estimasi biaya yang lebih ekonomis, mempermudah kontraktor dalam menentukan besar nya nilai tender. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai ekonomis berdasarkan hasil perbandingan antara harga Rencana Anggaran Biaya, SNI dengan harga Rencana Anggaran Pelaksanaan pada Pembangunan Koperasi TKBM Pelabuhan Belawan. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh nilai akurasi RAB terhadap SNI sebesar 91.11%,  dan RAP terhadap SNI sebesar 74.38 %. Dengan ini tingkat akurasi tebesar yaitu RAB terhadap SNI sebesar 91.11%.

Article Details

Author Biographies

Muhammad Sultan Hakim , Universitas Medan Area

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Medan Area

Melloukey Ardan , Universitas Medan Area

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Medan Area

Suranto, Institut Modern Arsitektur dan Teknologi

Jurusan PWK & Arsitektur, Institut Modern Arsitektur dan Teknologi

Nuril Mahda Rangkuti, Universitas Medan Area

Jurusan Teknik Sipil, Universitas Medan Area

How to Cite
Muhammad Sultan Hakim, Melloukey Ardan, Suranto, & Nuril Mahda Rangkuti. (2023). Analisis Rencana Anggaran Biaya Pelaksanaan Pembangunan Koperasi TKBM Pelabuhan Belawan. Jurnal TESLINK : Teknik Sipil Dan Lingkungan, 5(2), 44-53. https://doi.org/10.52005/teslink.v5i2.278

References

  1. [1] Albana, I. 2017. Analisa Rencana Anggaran Biaya Terhadap Pelaksanaan Pekerjaan Perumahan Dengan Melakukan Perbandingan Perhitungan Harga Satuan Bahan Berdasarkan Survey Lapangan. Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara, 6 (1).
  2. [2] Ashworth, Allan. 1994. Perencaaan Biaya Bangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  3. [3] Biemo W. Soemardi, dkk. 2006. Konsep Earned Value untuk Pengelolaan Proyek Konstruksi. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung. Bandung
  4. [4] Dipohusodo, Istimawan. 1995. Manajemen Proyek & Konstruksi Jilid 1. Yogyakarta : Badan Penerbit Kanisius.
  5. [5] Ibrahim, H. Bachtiar. 2001. Rencana Dan Estimate Real of Cost. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. [6] Mufaris, A., dkk. 2016. Perbandingan Estimasi Anggaran Biaya Antara Bow, Sni Dan Metode Perhitungan Kontraktor Pada Proyek Rumah Susun Pulogebang Jakarta Timur. Bentang, 4 (1), 262556.
  7. [7] Peraturan Mentri Pekerjaan Umum. No. 11/PRT/M/2013. Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.
  8. [8] Peraturan Mentri Pekerjaan Umum. No. 28/PRT/M/2016. Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.
  9. [9] Pratama, S. 2017. Analisis Perbandingan Koefisien Harga Satuan Pekerjaan Berdasarkan Kondisi Aktual, Ahsp, Sni Dan Analisa K (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Drainase Saluran Limbah Tpa Terjun Marelan Medan). Medan. USU.
  10. [10] Saksono, Slamet. 1998. Administrasi Kepegawaian. Yogyakarta: Kanisius
  11. [11] Sari, Kharisma Permata, Utami Dewi Arman dan Muhammad Ridwan. 2021. Analisis Perbandingan Anggaran Biaya Berdasarkan Metodi SNI Dengan Perhitungan Kontraktor. Padang: Jurnal Teknologi Informasi Bisnis. Vol.3, No. 1
  12. [12] Sopacua, Fernando. 2020. Perbandingan Rencana Anggaran Biaya Dengan Metode SNI dan Rencana Anggaran Pelaksanaan Kontraktor Pada Pembangunan Pengganti Bangunan Di Yonif 611/AWL Kompi Senapan A dan C Di Samarinda Seberang, dalam jurnal: Alumni Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas 17 Agustus 1945