Main Article Content

Abstract

Air bersih merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, sehingga ketersediaan air bersih sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Air bersih yang digunakan sehari-hari harus memiliki kualitas yang baik untuk konsumsi sesuai dengan standar air minum di Indonesia yaitu PP No.82 Tahun 2001 dan KepMen No.907 Tahun 2002.


Kampung Padangenyang Desa Cipelang terletak di Kecamatan Cijeruk. Di desa ini terdapat mata air sebagai sumber air bersih yang pemanfaatannya tidak di atur dengan baik dan tidak adanya infrastruktur yang baik dan layak di gunakan, sehingga harus di buat dengan jalan mengadakan pengolahan terhadap air, terutama pada sumber air Cipabulan-bulan. Sehingga dari permasalahan tersebut dilakukan perencanaan penyediaan air bersih yang dapat membantu memenuhi kebutuhan air bersih di Kampung Padangenyang Desa Cipelang Kecamatan Cijeruk.


Berdasarkan hasil akhir diperoleh kesimpulan bahwa ketersediaan air Cipabulan-bulan sebesar 3,8 liter/detik dengan kualitas air yang memenuhi syarat sebagai air bersih, dan hasil penjelasan komponen-komponen yang ada dalam perencanaan penyediaan air bersih yaitu : Sumber air baku, bak penangkap (Broncaptering),pipa transmisi, bak penampung ( Reservoir), pipa distribusi, anggaran yang dibutuhkan untuk perencanaan penyediaan air bersih sebesar Rp. 250.000.000,00 (dua ratus lima puluh juta rupiah) sehingga kebutuhan air bersih dapat terpenuhi ke rumah-rumah penduduk.


 

Keywords

Sumber air Desa Cipelang

Article Details

How to Cite
Rahmawati, D., mayasari, bia, Saputri, U. S., & Amdani, S. A. (2020). PERENCANAAN PENYEDIAAN AIR BERSIH KAMPUNG PADANGENYANG DESA CIPELANG KECAMATAN CIJERUK KABUPATEN BOGOR. Jurnal TESLINK : Teknik Sipil Dan Lingkungan, 2(2), 51-62. https://doi.org/10.52005/teslink.v2i2.20